Editor : Official SMAN 1 Mataram
Rabu, 17 Agustus 2022

Mataram (SMANSAMTR) – Menindaklanjuti surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor : 004/2487.UM/Dikbud perihal Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. SMA Negeri 1 Mataram (Smansa) mengadakan upacara bendera di Lapangan Basket Smansa. (17/08)

Tema yang diusung pada hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia ini, berdasarkan surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor : 52610/A/TU.02.03/2022 adalah “Pulih Lebih Cepat , Bangkit Lebih Kuat”.

Mengutip laman ristekdikti, makna yang terkandung dalam tema HUT RI kali ini berkaca pada peristiwa yang kita alami selama kurang lebih dua tahun, bahwa Indonesia telah menghadapi berbagai macam tantangan, seperti kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat yang dirasakan oleh rakyat Indonesia.

Tema ini dipilih agar HUT Kemerdekaan RI kali ini dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 dengan semangat bergotong-royong untuk bangkit menghadapi tantangan global yang lebih kuat.

Upacara pagi ini dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd. selaku Pembina upacara, Bapak/Ibu Wakil Kepala Sekolah semua bidang, Bapak/Ibu Guru, Staf Tata Usaha dan seluruh Siswa Smansa.

Dalam amanatnya, Kun membacakan amanat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. untuk peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

“Segenap masyarakat NTB yang saya cintai dan saya banggakan, dua tahun lebih ini kita menghadapi tantangan dan ujian, kecemasan sosial, hingga tekanan ekonomi sangat dirasakan. Di tengah keterpurukan dan kelemahan ekonomi, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong-royong mewujudkan harapan agar kondisi normal seperti sedia kala. Alhamdulillah seiring semakin terkendalinya situasi Covid-19, perkekonomian kita mulai menunjukan pemulihan. Hal ini tidak terlepas dari kinerja pemerintah dan gerakan masyarakat bersinergi untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global”. Pesannya.

Upacara yang berlangsung dengan sangat tenang dan tertib, diakhiri dengan persembahan lagu-lagu nasional Indonesia yang dilantunkan dengan sangat apik oleh tim Paduan Suara Smansa (Padus). Alunan suara merdu tim Padus Smansa membuat seluruh peserta upacara ikut bernyanyi dan menciptakan suasana yang semakin hangat.

Sebelum undur diri, Kun menyempatkan diri untuk menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh anggota Paskibraka SMA Negeri 1 Mataram yang telah bertugas mengiringi berjalannya upacara pagi ini dengan sangat baik.

Dirgahayu Ke-77 Republik Indonesia. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *