Tue. Sep 21st, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

Perkuat Sinergi, Smansa Mataram Berbagi Pengalaman Baik

3 min read

Program sister school yang sudah ditandatangani dengan beberapa sekolah ditindaklanjuti SMA Negeri 1 Mataram dengan mengunjungi beberapa sekolah untuk berbagi pengalaman-pengalaman baik yang selama ini memberikan hasil nyata bagi kemajuan dan prestasi sekolah. Terbaru, SMAN 1 Mataram mengunjungi SMAN 1 Selong dan SMAN 1 Sikur, Sabtu, 11 September 2021. SMAN 1 Selong memang sudah menandatangani kerja sama dengan SMAN 1 Mataram pada tahun 2020. Dalam kunjungan kali ini tim SMAN 1 Mataram yang dipimpin langsung sekolahnya, Kun Andrasto, S.Pd. berbagi ilmu dan pengalaman tentang strategi memasuki perguruan tinggi negeri melalui optimalisasi peran guru BK, pelaksanaan pembelajaran daring dengan aplikasi e-learning, dan penulisan buku.

Dalam pengantarnya di SMAN 1 Selong, Kun Andrasto menekankan bahwa kesepakatan kerja sama yang sudah ditandatangani antarkedua sekolah harus diwujudkan dalam tindakan nyata yang saling mendukung untuk kemajuan pendidikan. “Kami mempunyai pengalaman dalam mendukung siswa-siswa kami masuk perguruan tinggi negeri dengan kerja keras yang terorganisasikan dengan baik, yaitu melalui kerja sama dan kerja keras semua guru, terutama layanan guru BK. Kesuksesan mengantar siswa-siswi masuk perguruan tinggi, termasuk dalam masa pandemi ini juga didukung oleh pembelajaran optimal dengan menggunakan aplikasi e-learning. Kami juga didukung oleh guru yang menulis buku dan mendorong siswa untuk menulis buku. Pengalaman itu yang ingin kami bagi kepada SMAN 1 Selong, walaupun kami mengetahui dan yakin bahwa SMAN 1 Selong juga memeliki berbagai prestasi mentereng. Kita akan selalu membangun sinergi dan kolaborasi,” kata Kun Andrasto.

Kepala SMAN 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. menyambut baik kehadiran rombongan SMAN 1 Mataram dan berharap nantinya tim SMAN 1 Selong akan juga berbagi pengalaman dan praktik baik. “Beberapa hal yang menjadi unggulan kami akan kami bagi juga kepada SMAN 1 Mataram. Namun, untuk saat ini kami sedang fokus melaksanakan program sekolah penggerak yang memang membutuhkan perhatian dan kesungguhan kami,” imbuh beliau.

Penyampaian materi tentang strategi masuk perguruan tinggi diberikan oleh Harmoko, S.Pd., M.Pd.Kons. Gr. “Hal utama yang harus menjadi perhatian guru adalah mengajar dan mendidik siswa dengan rasa cinta. Dengan cinta, semua yang diberikan kepada siswa akan tersimpan. Kalaupun tidak muncul hari ini, sesungguhnya apa yang diberikan guru akan muncul pada saat yang tepat nantinya,” kata guru BK SMAN 1 Mataram yang memiliki banyak pengalaman dalam memfasilitasi, mengarahkan,  dan membimbing siswa SMAN 1 Mataram khususnya untuk masuk perguruan tinggi jalur SNMPTN. Harmoko juga menekankan agar guru dan orang tua benar-benar memahami potensi anak dan mengarahkan anak sesuai dengan potensinya. “Banyak anak yang gagal karena dipaksa memilih sesuatu yang tidak sesuai dengan potensi dirinya,’ imbuhnya.

Materi pembelajaran dengan e-learning diberikan oleh Rusdan, S.Pd., M.Pd. Kelebihan-kelebihan pembelajaran dengan e-learning disampaikan guru TIK yang sarat pengalaman ini, di antaranya adalah dimungkinkannya kepala sekolah memantau langsung aktivitas guru dan siswa melalui aplikasi ini. Sementara itu, materi penulisan buku disampaikan oleh Sunarti, S.Pd., guru Bahasa Indonesia yang sudah banyak menulis buku dan memfasilitasi siswa untuk menulis buku. Sunarti menekankan bahwa literasi adalah tanggung jawab semua guru mata pelajaran, dan guru harus menjadi contoh dan model bagi siswa dalam hal menulis.

Kunjungan berikutnya dilakukan ke SMAN 1 Sikur dengan misi berbagi pengalaman yang sama. Kun Andrasto mengungkapkan rasa senang karena dapat berlitarrahmi dengan guru-guru sekolah yang asri ini. Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sikur, H. Khairul Anwar, S.Pd. menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas kunjungan ini. “Kunjungan dari Bapak dan Ibu SMAN 1 Mataram, terutama materi yang diberikan, memberikan manfaat yang besar agar kami bisa bersama-sama bergerak memajukan sekolah sehingga bisa terus berkarya dan membangun prestasi. Kami meyakini bahwa kunjungan ini adalah bentuk perhatian dari SMAN 1 Mataram kepada sekolah-sekolah lain agar bisa bersama-sama memajukan prestasi anak-anak bangsa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *