Tue. Sep 21st, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SMAN 1 Sumbang Sarana Belajar kepada SMAN 11

2 min read

Sebagai implementasi dari semangat kebersamaan dan sinergi antarsekolah dalam membangun pendidikan di Nusa Tenggara Barat, SMAN 1 Mataram memberikan sumbangan sarana pendidikan dan pembelajaran kepada SMAN 11 Mataram. SMAN 11 Mataram merupakan SMA termuda saat ini di Kota Mataram, yaitu baru memasuki usia tiga tahun. Dengan memahami berbagai keterbatasan sarana yang ada pada sekolah baru tersebut, Smansa Mataram  memberikan dukungan dengan melakukan pengiriman sarana selama dua tahap. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Nurlaila, M.Pd., tahap pertama dilakukan bulan Februari 2021 yaitu berupa meja dan kursi siswa, meja dan kursi guru, serta pagar besi untuk memagari halaman sekolah. Tahap kedua dilakukan pada awal September 2021 dengan mengirimkan meja guru (3 buah), meja kursi siswa (36 set), white board (3 buah), karpet polos besar (2 buah), karpet sholat (3 buah), kipas angin tornado (5 buah), dan korden (1 set untuk 1 ruang). “Barang-barang yang kita sumbangkan semua masih dalam kondisi baik. Kita memahami bahwa SMAN 11 membutuhkan sarana tersebut sesegera mungkin untuk bisa dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Smansa Mataram merespon hal tersebut sebagai wujud dari saling memahami dan saling mendukung,” ujar guru Kimia tersebut.

Kepala SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd. menegaskan bahwa selain sebagai bentuk saling membantu dan bersinergi antarsekolah, pemberian sumbangan tersebut juga menjadi bagian dari semangat SMAN 1 Mataram untuk selalu bekerja sama dengan sekolah-sekolah lain. “Kita ingin selalu dapat memberi pada sekolah lain dalam bentuk sesuai dengan yang diperlukan. Kita tidak boleh dan tidak ingin maju sendiri. Kita ingin berjalan bersama dan maju bersama untuk kepentingan pendidikan di NTB dan Indonesia umumnya,” tambah beliau.

Sarana belajar sumbangan Smansa dinaikkan ke kendaraan

Pemberian sumbangan oleh Smansa kepada SMAN 11 tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Dikbud Provinsi Nusa Tenggara Barat maupun Kepala CabangDinas Dikbud Lombok Barat – Mataram. Melalui pesan singkat kepada kepala sekolah, Kadis Dikbud NTB, Dr. Aidy Furqan, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas saling koordinasi yang baik antara kedua kepala sekolah. Kepala Cabang Dinas Dikbud Lobar-Mataram, Dr. L. Basuki Rahman, M.Pd. menyampaikan bahwa sumbangan tersebut merupakan wujud nyata dari rasa kebersamaan dan persaudaraan, ikhlas dalam member dan menerima demi kemajuan pendidikan dan kesuksesan anak bangsa. Sementara itu, Kepala SMAN 11 Mataram menyampaikan terima kasih kepada Kepala SMAN 1 Mataram dan semua civitas akademika yang telah memberikan bantuan penting tersebut.

Wujud lain dari kerja sama antarsekolah yang aan segera direalisasikan SMAN 1 Mataram adalah berbagi pengalaman-pengalaman serta praktik-praktik baik dalam pendidikan dan pembelajaran. “Tanggal 11 September 2021, kita akan mengunjungi SMAN 1 Selong dan SMAN 1 Sikur untuk membagikan beberapa pengalaman berharga, misalnya strategi masuk ke perguruan tinggi, pembelajaran dengan aplikasi elearning, serta penulisan buku. Kita telah mewujudkan hal tersebut di SMAN 1 Mataram dengan baik, dan kewajiban kita untuk berbagi pengalaman kepada sekolah-sekolah lain,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *