Tue. Sep 21st, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SMAN 1 Mataram Merayakan Hari Ulang Tahun Ke-64

5 min read

SMAN 1 Mataram Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 tahun. Ulang tahun SMAN 1 Mataram adalah tanggal 15 Agustus, namun karena tahun ini tanggal 15 Agustus jatuh pada hari Ahad, puncak acara berupa tasyakuran dilaksanakan hari Senin, tanggal 16 Agustus 2021. Tahun ini perayaan  Hari Ulang Tahun dilaksanakan dalam suasana sederhana yakni dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Hal ini dibuktikan dengan seluruh rangkaian kegiatan hari ulang tahun sekolah dilakukan secara luring dan daring. Luring dengan menghadirkan tamu undangan dalam jumlah terbatas, dan daring yakni melalui aplikasi Microsoft Teams serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SMAN 1 Mataram. Perayaan Hari Ulang Tahun kali ini mengusung tema “Tasyakuran 64 Tahun SMAN 1 Mataram”, dengan harapan kegiatan tasyakuran ini merupakan bentuk syukur atas prestasi-prestasi yang telah diraih sejak ia berdiri.  

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Dr. Aidy Furqan, M.Pd., selaku kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kehadiran beliau sekaligus mewakili bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak H. Didi Sumardi, SH., selaku ketua IKA (Ikatan Alumni) SMAN 1 Mataram, Ibu Hj. Rediwati, M.Pd., selaku Sekretaris pengurus komite SMAN 1 Mataram serta beberapa Bapak/Ibu guru senior.

Prosesi Pemotongan Tumpeng oleh Bapak Kadis Dikbud NTB

Ilhamuddin Aminullah, M.Pd., Selaku Wakil Kepala SMAN 1 Mataram bidang Humas, yang pada kesempatan tersebut beliau mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir untuk menyampaikan sambutan. “64 tahun perjalan SMAN 1 Mataram memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidik dan mengantar anak-anak untuk tetap meraih prestasi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini. Selain itu, ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, selain mempertahankan prestasi di tengah pandemi, SMANSA – begitu sekolah ini akrab di sapa – harus mengadapi tantangan perubahan sistem dari tahun ke tahun. Oleh karena itulah, sekolah mengharapkan dukungan dan sinergitas dari pihak-pihak terkait seperti, Dikbud NTB, Ikatan Alumni (IKA) SMANSA, Bapak/Ibu guru serta keluarga besar SMAN 1 Mataram di rumah” Tegasnya. “Tahun ini, SMANSA mendapat kado ulang tahun yang istimewa, yakni beberapa prestasi yang diraih oleh siswa-siswi di tahun 2021, diantaranya jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta baik melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN meningkat. Kemudian, 15 orang siswa akan berkompetisi pada ajang Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi yakni bidang astronomi, Biologi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Kimia, dan Matematika; pada ajang debat bahasa inggris yang diselenggarakan oleh SMA Unggul Del Medan tim SMAN 1 Mataram meraih juara 1 tingkat nasional, meraih juara 3 tingkat nasional lomba menulis karya ilmiah yang dilaksanakan oleh Fisipol UGM.

Selanjutnya, sambutan juga disampaikan oleh pengurus komite SMAN 1 Mataram, yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh Ibu Hj. Rediwati, selaku sekretaris komite SMAN 1 Mataram. Dalam sambutannya beliau menyampaikan laporan kegiatan komite serta harapan untuk SMAN 1 Mataram, “besar harapan kami kepada SMAN 1 Mataram untuk tetap mempertahankan prestasi dan nama baiknya, serta semoga Smansa terus berkembang, bertumbuh setiap harinya” tegas beliau.

Tidak hanya itu, sambutan dan harapan juga disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Mataram, Bapak H. Didi Sumardi, SH., “Harapan kami sebagai alumni yaitu Smansa dari waktu ke waktu terus berbenah dan mencapai prestasi-prestasi yang membaggakan sehingga Smansa selalu terdepan tidak hanya di NTB namun secara nasional mampu menunjukkan progress dan pretasi yan membanggakan. Selain itu, pada masa pandemi Covid-19 ini, Smansa diharapkan dapat berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk menekan angka terinfeksi covid-19 dengan menjaga konsistensi  dan kedisiplinan dalam prokes covid-19 dan memastikan bahwa kita berperan aktif melakukan hal yang sama dan merupakan bentuk tanggung jawab kita memastikan daerah kita tetap terkendali dalam mengatasi penyebaran covid-19”.  

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd, pada kesempatannya, beliau mewakili Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tidak dapat menghadiri kegiatan. “di usia 64 tahun, SMAN 1 Mataram akan dihadapkan pada banyak pantangan dan tantangan. Pantangannya, sebagai sekolah senior Smansa tidak boleh melakukan kekeliruan karena merupakan model dan contoh bagi sekolah-sekolah lain. Tantangannya, adalah Smansa sebagai sekolah senior tempat meminta nasehat dan menjadi guru bagi sekolah-sekolah lain. Oleh karena usia yang tak lagi muda, Smansa harus bisa mengambil peran sesuai dengan eranya. Harapan kami, di usianya yang ke 64 Tahun, Smansa bisa terus menjalankan program untuk tetap menjadi sekolah terbaik di NTB yakni dengan menjalankan program tata kelola diantaranya program the power of 4 P. Terakhir harapan kami Smansa dapat terus berkolaborasi dan bersinergi, dengan semangat serta ikhtiar  yang maksimal walaupun dengan kondisi pandemi ini”. Di akhir sambutan beliau menyampaikan salam dari bapak Gubernur yakni ucapan selamat ulang tahun SMANSA yang ke 64 Tahun semoga smansa terus menjadi yang terbaik di Nusa Tenggara Barat. Setelah berakhirnya sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang pada kesempatan tersebut diawali oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kemudian diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Sementara itu, walaupun berhalangan hadir karena kesibukan yang padat, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. berkesempatan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-64 untuk Smansa Mataram melalui video yang beliau kirim. Beliau menekankan pada usia dan perjalanan panjang SMAN 1 Mataram sebagai sekolah yang kredibel dan telah memberikan lulusan terbaik untuk NTB dan Indonesia.

Salah satu rangkaian acara perayaan HUT Smansa ke-64 adalah penyampaian testimoni secara daring oleh beberapa alumni, diantaranya harapan yang disampaikan oleh Bapak Nanang Samudra yang merupakan alumni SMAN 1 Mataram Tahun 1968, Saat ini beliau menjabat sebagai Anggota DPR-RI dan mengikuti kegiatan dari Jakarta. “salah satu harapan beliau adalah Bapak/Ibu guru tetap bisa menjalin komunikasi dengan alumni yang ada di luar daerah dan semoga Smansa semakin jaya dan Sukses” ungkapnya.

Selain Pak Nanang, Ucapan selamat juga disampaikan Oleh Bapak dr. Ario Djatmiko, Sp.B Onk,. yang mengikuti kegiatan secara virtual dari Meulborne, Australia. Beliau merupakan salah satu alumni SMAN 1 Mataram tahun 1966. Sama dengan doa dan harapan lainnya, melalui kesempatan tersebut beliau menyampaikan harapan Smansa tetap menjadi sekolah terbaik, beliau berharap momen ulang tahun merupakan waktu untuk mereview kembali dan perencanaan ke depannya untuk lebih baik.

Testimoni penutup disampaikan oleh Ketua Osis SMAN 1 Mataram, Arif Rahman mewakili siswa-siswa SMAN 1 Mataram dalam menyampaikan harapannya. “ terima kasih kepada seluruh warga Smansa serta Bapak/Ibu guru atas semua ilmu yang diberikan kepada kita siswa Smansa. Terakhir, selamat ulang Tahun Smansa semoga tetap menjadi sekolah terbaik di NTB”.

Pelaksanaan perayaan HUT SMANSA ke-64 sebenarnya sudah dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan lomba yang dilaksanakan secara virtual oleh pengurus OSIS KEREN Smansa, salah satu bentuk perlombaannya adalah membuat musikalisasi puisi dengan tema kemerdekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *