Tue. Sep 21st, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

Lingkungan Sekolah Bersih Tertata Diapresiasi Gubernur NTB

2 min read

Setelah mendapat apresiasi dari berbagai pihak, seperti dari Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud, Bapak Jumeri, S.TP., M.Si. dalam kunjungan kerja ke SMAN 1 Mataram, Kamis, 10 Juni 2021, kini giliran Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah  yang memberi apresiasi terhadap penataan lingkungan dan kebersihan SMAN 1 Mataram. Dalam kesempatan menemani puteranya yang melakukan pendaftaran ulang sebagai peserta didik baru di SMAN 1 Mataram, Senin, 21 Juni 2021, gubernur menyempatkan diri berkeliling lingkungan sekolah. Ditemani Kepala SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., gubernur mengamati halaman sekolah, taman, ruang perpustakaan, musholla (yang sedang dalam tahap renovasi), dan kamar mandi siswa. “Sekolah ini bersih sekali”, komentar orang nomor 1 di NTB ini.

Sembari mengelilingi area sekolah, gubernur bahkan mengajukan diri untuk berfoto di depan kamar mandi siswa yang memang bersih dan tertata. “Ini bentuk apresiasi saya atas kebersihan sekolah ini”, kata beliau sambil menegaskan bahwa jika kamar mandi sekolah bersih, hal itu merupakan indikator bahwa sekolah memang bersih dan terjaga. Sambil meninjau sekolah, gubernur menerima informasi dari Kepala SMAN 1 Mataram berkaitan dengan penghargaan sebagai Sekolah Berprestasi serta Sekolah Bersih dan Sehat tahun 2021. Kun Andrasto juga memberikan contoh prestasi akademik tahun 2021, misalnya diterimanya 15 siswa SMAN 1 Mataram melalui jalur SNMPTN di Universitas Gajah Mada, serta 5 siswa di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. “Ini belum termasuk yang lulus melalui SBMPTN”, imbuhnya.

Penataan lingkungan dan fisik sekolah memang menjadi salah satu prioritas Kun Andrasto sejak ditunjuk sebagai Kepala SMAN 1 Mataram, Januari 2020. Beliau telah melakukan penataan mulai dari pagar sekolah, taman depan, taman halaman tengah, kantin dan taman kantin, sampai memanfaatkan area kosong di belakang sekolah menjadi area bermanfaat untuk budidaya lele dan tempat pemeliharaan ayam mutiara. Beliau juga menata semua ruangan sehingga menjadi lebih bersih dan terawat.

Terkait dengan kehadiran menemani puteranya mendaftar ulang dalam PPDB, gubernur menanyakan prosedur pendaftaran peserta didik baru di SMAN 1 Mataram. Setelah mendapatkan informasi bahwa semua prosedur dilaksanakan sesuai juknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, gubernur menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan tugas Panitia PPDB SMAN 1 Mataram yang menjalankan tugas dengan tetap menjaga protokol kesehatan masa pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *