Wed. May 12th, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SMANSA Lepas Popeye: Angkatan Gempa dan Covid

3 min read

SMA Negeri 1 Mataram, Sabtu pagi (17/04) Pukul 10.00 Wita, melaksanakan kegiatan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring, yang berlangsung bersamaan. Kegiatan luring dihadiri oleh tidak lebih dari 50 orang, yang terdiri atas Kepala Sekolah, Pengurus Komite, Wali Kelas XII, Guru, dan perwakilan masing-masing kelas XII. Sedangkan kegiatan daring diikuti oleh guru dan siswa kelas XII yang lain, melalui platform Live Streaming YouTube SMAN 1 Mataram.

Di awal kegiatan, hadirin disuguhkan sebuah video singkat berisi foto-foto kilas balik kegiatan-kegiatan siswa kelas XII sejak memulai MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Video tersebut menggambarkan bagaimana sulitnya awal masa SMA mereka karena bertepatan dengan musibah Gempa Lombok pada tahun 2018. Seolah belum cukup di situ, di tengah-tengah masa studi mereka pun para siswa yang memiliki nama angkatan “Popeye” ini kembali dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19, yang tak kunjung berakhir hingga kini.

Kepala SMA Negeri 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., saat menyampaikan kesan dan pesan kepada siswa kelas XII.

Kun Andrasto, S.Pd., Kepala SMA Negeri 1 Mataram, mengakui keistimewaan siswa kelas XII tahun ini. Kekaguman beliau didasarkan pada prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh siswa kelas XII, walaupun satu tahun terakhir ini siswa kelas XII belajar dengan metode luring dan daring. Hasil SNMPTN tahun 2021 menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah siswa yang diterima di PTN favorit melalui jalur SNMPTN, yaitu 15 siswa diterima di UGM, 5 siswa diterima di UI, 20 siswa diterima di Universitas Mataram, 2 siswa diterima di IPB, 2 siswa diterima di UB, dan masih ada siswa kelas XII yang diterima di PTN lain. Atas prestasi tersebut, Beliau mengungkapkan rasa terima kasih pada Bapak dan Ibu Guru yang telah melaksanakan tugas mendidik dengan baik dan penuh kesungguhan. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah berpesan, “Anak-anakku, tugas kalian belum selesai. Teruslah belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ukirlah prestasi dan nama baik kalian, karena prestasi dan kesuksesan kalian akan mengharumkan nama almamater kita tercinta. Anak-anakku, di luar sana tugas berat telah menanti. Kalian dituntut untuk memiliki kecerdasan, keuletan, dan ilmu pengetahuan yang memadai, agar dapat menghadapinya dengan baik. Arus budaya barat begitu deras mengalir, membedah dan membobol tanggul-tanggul peradaban kita yang elok. Berpegang teguhlah pada etika dan akhlak yang luhur, jangan terseret arus budaya yang merusak nilai-nilai yang dijunjung tinggi agama kita. Kalianlah yang menggenggam masa depan Republik kita tercinta, dan masa depan gemilang diraih melalui kerja keras. Tinggikan mimpimu, lantas berusahalah untuk bisa melampaui cita-citamu.” Terakhir, beliau menyerahkan siswa kelas XII kembali kepada orang tua.

Wakil Ketua Komite SMA Negeri 1 Mataram, H. Kutjip Anwar, S.Pd., saat mewakili orang tua untuk menerima kembali siswa kelas XII.

Bapak H. Kutjip Anwar, S.Pd., selaku pengurus komite SMA Negeri 1 Mataram, mewakili orang tua siswa untuk menerima kembali siswa kelas XII. Beliau menceritakan bahwa sejak dulu, SMA Negeri 1 Mataram menanamkan budaya “senang di sekolah”, sehingga warga sekolah terus berupaya menciptakan situasi belajar dan bersosialisasi yang menyenangkan bagi siswa. Budaya ini juga membentuk siswa SMA Negeri 1 Mataram yang tidak hanya berprestasi, namun tetap santun dan berakhlak baik. Terakhir, beliau berpesan, “Tetap jaga nama baik sekolah. Tidak ada satupun dari kalian yang tidak baik. Kalian semua akan sangat baik di mana-mana. Itu harapan kami sebagai komite, mewakili orang tua kalian. Semoga ananda mendapat tempat yang lebih baik dari sekolah ini.”

Di akhir acara, suasana haru makin terasa saat seluruh hadirin menyanyikan salah satu lagu wajib SMA Negeri 1 Mataram yang berjudul “Keakraban dan Kemesraan” Ciptaan Dra. Fitriati Hamdan. Bapak/Ibu guru yang hadir dipersilakan untuk berbaris di depan, lalu satu persatu siswa maju menyalami Bapak/Ibu guru dengan Salam Namaste, untuk mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan Pelepasan Siswa Kelas XII berakhir pada pukul 11.20 Wita, dan acara lengkapnya masih dapat disaksikan di akun YouTube SMAN 1 Mataram.

Video Kegiatan Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Mataram

Saksikan juga Pesan dan Kesan Siswa Angkatan Popeye SMANSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *