Sat. Jul 31st, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SMANSA Gelar Webinar Sekolah Sehat

2 min read

Sabtu, 10 April 2021, Pukul 10.00 Wita – 12.00 Wita, SMA Negeri 1 Mataram melaksanakan Webinar yang bertajuk “Sekolah Sehat : NTB Kuat dan Bermartabat”. Kegiatan webinar ini diikuti oleh Kepala Sekolah – Kepala Sekolah yang terhimpun dalam MKKS Provinsi NTB melalui Live Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui akun YouTube SMA Negeri 1 Mataram. Webinar SMANSA kali ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dan Kun Andrasto, S.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Mataram.

Webinar diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd. Beliau mengapresiasi kegiatan webinar ini sebagai suatu strategi terlaksananya Program Dikbud NTB, yaitu The Power of 4P (Profil, Penampilan, Pelayanan, Prestasi). Beliau juga menekankan bahwa sekolah bersih dan sehat merupakan suatu wadah yang tepat untuk membangun layanan pendidikan kepada siswa sehingga dapat memberi ruang gerak seluas-luasnya untuk berkreasi dan berprestasi.

Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., sebagai pemateri pertama, memaparkan program-program Tim Penggerak PKK Provinsi NTB untuk terwujudnya NTB Sehat dan menekankan bahwa keluargalah yang menjadi sentra dalam setiap kegiatannya. Beliau menjelaskan bahwa program-program Tim Penggerak PKK terbagi menjadi beberapa bidang. Salah satu bidang yang fokus pada program-program kesehatan adalah Bidang IV. Sasaran dari program-program tersebut tidak hanya para ibu, selaku pemeran utama dalam keberlangsungan suatu keluarga, tetapi juga para remaja. Oleh karena itu, sekolah menjadi target yang tepat untuk memberikan wawasan kepada para remaja, sehingga remaja-remaja di NTB tumbuh menjadi Remaja Sehat.

Sebagai pemateri kedua, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS, menjelaskan bagaimana keterkaitan antara kesehatan jasmani, rohani dan sosial sebagai suatu kesatuan yang mempengaruhi produktivitas seorang individu. Lebih spesifik, beliau menjelaskan bagaimana UKS berperan sebagai wadah kolaborasi antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Pendidikan. Terakhir, beliau memaparkan tahapan pembentukan sekolah sehat dengan menyesuaikan kondisi pandemi saat ini.

Sebagai pemateri terakhir, Kepala SMA Negeri 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd. menjelaskan bagaimana mewujudkan Program NTB Sehat, dengan membentuk Sekolah Sehat melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Sebagai kepala sekolah yang pernah mengantarkan sekolah binaannya menjadi Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi NTB, beliau menjelaskan bahwa inspirasi awal dari program PHBS ini berasal dari negara tetangga, yaitu Singapura, yang dikenal sebagai salah satu negara terbersih di Asia. Beliau menyadari bahwa sekolah bersih dan sehat bisa diwujudkan dengan membangun fasilitas-fasilitas kebersihan di lingkungan sekolah dan menerapkan kebijakan yang mendukung terciptanya budaya bersih dan sehat pada warga sekolah.

SMANSA berharap webinar ini dapat memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah untuk membentuk kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat bagi guru, tenaga kependidikan dan siswa, sehingga dapat membentuk sekolah-sekolah sehat yang lain. Selanjutnya, kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dari warga sekolah dapat ditularkan kepada anggota keluarganya di rumah, sehingga seluruh masyarakat NTB juga terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat, yang dapat mewujudkan NTB Sehat.

Webinar Sekolah Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *