Wed. May 12th, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SMANSA, Ayo Bercita-cita!

2 min read

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) merupakan kegiatan sosial pendidikan yang diinisiasi oleh mantan Dirut PT. Balai Pustaka, Zaim Uchrowi untuk kalangan remaja. Kali ini, GAB hadir di SMAN 1 Mataram untuk siswa kelas X dan XI pada hari Sabtu, 10 April 2021. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 13.30 Wita sampai 15.30 Wita ini merupakan Launching dan Sosialisasi dari rangkaian kegiatan GAB berikutnya. Sosialisasi dilaksanakan melalui dua metode, yaitu metode luring dan daring. Metode luring diadakan di Ruang Guru SMA Negeri 1 Mataram yang dihadiri oleh pengurus OSIS, pengurus MPK dan ketua kelas X serta XI, sedangkan metode daring dilaksanakan untuk siswa kelas X dan XI lain melalui platform Live Streaming YouTube.

Menyampaikan sambutan kepala sekolah, Bapak Ilhamuddin Aminullah, M.Pd. menjelaskan bahwa orang yang berhasil dan sukses adalah orang yang membuat perencanaan. GAB yang sekarang menjadi Program Prioritas Gubernur NTB merupakan fasilitas untuk siswa dalam merencanakan masa depan.

Sebagai pemateri pertama, Baiq Nurul Fitriani, S.Psi. menyampaikan bahwa cita-cita adalah gambaran sukses di masa depan. Agar dapat bercita-cita maka kita perlu mengetahui apa potensi kita. Salah satu cara untuk mengenali potensi yaitu dengan kuadran karakter yaitu berusaha mengenali potensi kita dengan melihat karakter masing-masing.

Ibu Baiq Nurul Fitriani, S.Psi., salah satu guru di SMA Negeri 1 Mataram, sebagai pemateri pertama.

Selanjutnya, Yuniantri Kalemben, S.Th. sebagai pemateri kedua, mengatakan bahwa dalam GAB ini, siswa berkolaborasi dengan rekan yang memiliki cita-cita sama dalam suatu kelompok cita-cita. Di dalam kelompok ini, siswa dapat bertukar ilmu dan pengalaman serta membangun jejaring masa depan.

Ibu Yuniantri Kalemben, S.Th., salah satu guru di SMA Negeri 1 Mataram, sebagai pemateri kedua.

Agus Siswoaji Utomo, S.Pd. selaku Koordinator Wilayah GAB Provinsi NTB berharap Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB), dapat mengeksplorasi cita-cita dan mengembangkan potensi peserta didik sehingga saat menentukan pilihan di perguruan tinggi, peserta didik tidak bingung atau salah dalam mengambil jurusan karena telah memiliki gambaran tentang apa yang akan mereka pilih di masa depan.

Bapak Agus Siswoaji Utomo, S.Pd., salah satu guru di SMA Negeri 1 Mataram, sebagai Koordinator Wilayah GAB Provinsi NTB

Launching dan Sosialisasi Gerakan Ayo Bercita-cita ini dapat disaksikan di laman YouTube SMA Negeri 1 Mataram berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *