Mon. Apr 19th, 2021

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

Menyambut Ramadhan, Smansa Mataram Gelar Pengajian

2 min read

Rabu, 7 April 2021, bertepatan dengan tanggal 24 Sya’ban 1442 H, Smansa menggelar pengajian yang menghadirkan TGH. Achmad Muchlis sebagai pendakwah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru, Pegawai, Tenaga Lapangan, Pengurus Komite, dan Guru Purnatugas SMA Negeri 1 Mataram. Smansa Mataram juga mengundang Bapak Susanto, M.Pd., selaku Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Mataram. Pengajian yang bertajuk: “Merindukan Ramadhan karena Iman, berpuasa dengan Ilmu, meraih surga-Mu” ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan warga SMA Negeri 1 Mataram dalam menyambut bulan Ramadhan 1442 H.

Kegiatan pengajian dimulai pada pukul 10.10 Wita bertempat di ruang guru SMA Negeri 1 Mataram. TGH. Achmad Muchlis mengawali pengajian dengan menafsirkan salah satu dalil puasa Ramadhan, yaitu Surat Al-Baqarah (2: 183). Beliau menjelaskan bahwa, ayat ini ditujukan kepada orang-orang beriman agar menjadi orang-orang yang sami’na wa atha’na. Selain itu, Puasa diartikan sebagai cemeti, sehingga setiap hamba dapat membangun jiwa dermawan, karena pernah merasakan kesulitan-kesulitan yang dirasakan saudara mukmin yang lain. Pendakwah yang merupakan anggota Komisi I DPRD Provinsi NTB Fraksi PKS ini juga menekankan keutamaan ibadah Shalat dalam membentuk suatu lingkungan kehidupan yang baik, terutama saat bulan Ramadhan. Melalui kesempatan ini, Beliau menyayangkan kebiasaan masyarakat yang melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dengan gerakan yang terlalu cepat, sehingga mengabaikan salah satu rukun shalat, yaitu tuma’ninah. Beliau pun tidak lupa mengajak jamaah pengajian untuk lebih banyak mengikuti pengajian agar dapat terus menyempurnakan kualitas ibadah.

Terakhir, TGH. Achmad Muchlis menyebutkan beberapa hal yang perlu disiapkan menjelang Ramadhan, yaitu (1) Iman, yakni meluruskan niat ibadah selama Ramadhan; (2) Taubat, sehingga kita akan terus memperbanyak istighfar; (3) Perasaan gembira dalam menyambut Ramadhan; serta (4) Memupuk semangat untuk menjalani Ramadhan dengan khusyuk. Selanjutnya, TGH Achmad Muchlis mengakhiri ceramah dengan mengajak jamaah berdoa bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *