Thu. Sep 24th, 2020

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

MATRIKULASI KEPRAMUKAAN DARING (ONLINE) PESERTA DIDIK BARU SMAN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

2 min read

Dalam Kurikulum 2013, kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib. Maknanya adalah semua siswa di semua jenjang pendidikan diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan. Diwajibkannya siswa mengikuti esktrakurikuler kepramukaan tidak terlepas dari sejarah kepramukaan di Indonesia yang mampu menunjukkan eksistensi sebagai wahana pendidikan dan pembentukan karakter putera-puteri bangsa.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk di Kota Mataram tidak boleh menjadi hambatan penanaman nilai-nilai kepramukaan pada peserta didik. Justru, nilai-nilai tersebut harus semakin diperkuat agar peserta didik memiliki karakter mumpuni menghadapi berbagai tantangan belajar, termasuk tantangan wabah virus Covid-19. Hal itu mendorong SMAN 1 Mataram untuk mengadakan kegiatan Matrikulasi Kepramukaan di awal tahun pelajaran 2020/2021 bagi peserta didik baru.

Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Mataram, Agus Siswoaji Utomo, S.Pd. (Kiri), Kepala SMA Negeri 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd. (Tengah), Pembina Pramuka SMA Negeri 1 Mataram, dan M. Ridwan, S.Pd, M.Fis. (Kanan), ketika menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya.

Matrikulasi Kepramukaan tahun ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Senin-Rabu tanggal 3-5 Agustus 2020 secara daring (online). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., melalui aplikasi Google Meet. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan amanat UUD 1945 dengan penjabarannya mulai dari UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib, sampai peraturan dan tata tertib sekolah yang terkait. Beliau juga menekankan kegiatan kepramukaan sesungguhnya merupakan wahana penguatan aspek psikologi, sosial, dan kultural. Kepramukaan harus dipahami dan diaktualisasikan dalam kehidupan di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Di bagian akhir ditekankan tentang pendidikan kepramukaan sebagai bagian dari upaya SMA Negeri 1 Mataram menyiapkan generasi yang cerdas dan beriman.

Setelah pembukaan, dilaksanakan penyampaian materi yang dipandu oleh Dra. Ni Wayan Sri Kastining dan M. Ridwan, S.Pd, M.Fis., selaku Pembina Pramuka di SMAN 1 Mataram. Kakak-kakak penegak dari SMA Negeri 1 Mataram juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan menyampaikan materi melalui grup-grup kelas, sekaligus menerima dan mengevaluasi tugas yang dikerjakan peserta didik baru. Selain itu, kakak-kakak penegak dari SMA Negeri 1 Mataram juga terlibat aktif dalam merancang Rundown Kegiatan Matrikulasi Pramuka Tahun 2020. Rundown kegiatan Matrikulasi Pramuka Tahun 2020 dapat dilihat di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *