Sat. Nov 28th, 2020

SMA Negeri 1 Mataram

Jalan Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

MPLS 2020: Mengenal Karakter Smansa

2 min read

Menyambut tahun ajaran baru berarti menyambut peserta didik baru dengan semangat baru pula. Tahun ini, SMA Negeri 1 Mataram menerima 432 orang peserta didik baru kelas X. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, sekolah mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama satu pekan, yaitu pada tanggal 20 Juli 2020 sampai 25 Juli 2020. MPLS dimaksudkan untuk memperkenalkan situasi, lingkungan, dan karakter SMA Negeri 1 Mataram kepada peserta didik baru.

Untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 di lingkungan sekolah selama masa PLS, pada awalnya kegiatan dirancang dilaksanakan dengan dua sistem, yaitu sistem luring dan daring. Namun dalam pelaksanaan kegiatan MPLS, terjadi beberapa perubahan pada detail kegiatan karena adanya surat edaran yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB tentang larangan berkegiatan selama masa pandemi pada tanggal 20 Juli 2020. Surat edaran tersebut diterbitkan setelah adanya hasil evaluasi kegiatan MPLS pada hari pertama oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Menyikapi edaran tersebut, panitia memutuskan melaksanakan kegiatan MPLS hari kedua dan seterusnya secara daring.

Materi MPLS mengacu pada upaya memperkenalkan peserta didik baru pada lingkungan pendidikan. Dalam kaitan itu terdapat 11 materi yang disampaikan kepada peserta didik baru, yaitu: (1) Wawasan Wiyata Mandala; (2) Tata Krama dan Tata Tertib Sekolah; (3) Pengenalan Kurikulum dan Ekstrakurikuler; (4) Kepramukaan; (5) Kesadaran Berbangsa dan Bernegara; (6) Cara Belajar yang Efektif; (7) Pendidikan Karakter; (8) Penyalahgunaan Narkoba; (9) Keselamatan Berkendara; (10) Kesehatan Remaja; dan (11) Pencegahan Covid-19. Kesebelas materi tersebut disampaikan melalui dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dilakukan dengan menyampaikan materi melalui video live streaming di laman Youtube Channel SMA Negeri 1 Mataram pada hari Selasa, 21 Juli 2020. Penyampaian materi secara tidak langsung dilakukan pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 24 dan 25 Juli 2020, dengan mengirim file materi kepada peserta didik baru melalui media WhatsApp Group masing-masing kelas yang dikoordinir oleh guru pendamping. Kemudian, evaluasi tiap materi diberikan melalui kuis dalam bentuk google form.

Selain penyampaian materi, SMA Negeri 1 Mataram juga menyelenggarakan tes peminatan sebagai salah satu standar penentuan jurusan bagi peserta didik baru. Awalnya kegiatan tes peminatan ini dilakukan pada saat kegiatan MPLS sistem luring, yaitu pada hari Senin, 20 Juli 2020. Namun, adanya surat edaran mengenai larangan berkegiatan selama masa pandemi membuat sekolah menjadwal ulang tes peminatan tersebut, sehingga tes peminatan kembali dilanjutkan pada hari Rabu, tanggal 22 Juli 2020. Pada hari yang sama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali menerbitkan surat edaran tentang penegasan untuk tidak menghadirkan siswa dalam kegiatan apapun di sekolah. Akhirnya, tes peminatan terpaksa dihentikan.

Walaupun MPLS tahun ini berlangsung cukup dalam perubahan-perubahan sesuai dengan kondisi penyebaran Covid-19, semua kegiatan yang dirancang oleh panitia berjalan lancar. Peserta didik baru cukup aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS, sehingga membuat beberapa guru pendamping sedikit kewalahan menanggapi antusiasme peserta didik. Semua tugas dan kuis diselesaikan dengan disiplin, walaupun beberapa peserta didik memiliki keterbatasan dalam mengakses pembelajaran secara daring. Hal ini menunjukkan bahwa semangat para peserta didik baru sangat sesuai dengan semangat Smansa dalam mencetak generasi yang prestisius juga religius.

Kunjungi laman Youtube SMA Negeri 1 Mataram di sini .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *