Tue. Sep 17th, 2019

SMA Negeri 1 Mataram

Jln. Pendidikan No. 21 Mataram Telp. 0370-621803

SANLAT SMANSA TP. 2019/2020

2 min read

Sanlat atau pesantren kilat Smansa Mataram telah dilaksanakan selama empat hari tiga malam mulai 23 sampai 25 Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa  khususnya kelas X, dalam pengejawantahan nilai nilai agama secara menyeluruh. Pesantren bukan berarti hanya ditujukan kepada siswa muslim saja namun semua siswa yang non muslim juga menerapkan kegiatan ini dengan tata caranya masing masing.

Materi kegiatan dalam pesantren kilat dititikberatkan pada penerapan nilai nilai agama sehari hari dalam hubungannya dengan toleransi terhadap rekan sejawat mereka yang berbeda baik agama, suku dan ras, disamping aktifitas religi lain seperti shalat berjamaah, baik wajib dan sunah, membaca Al Quran, dan lainnya bagi yang muslim. Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh siswa siswa non muslim seperti; persembahyangan di pura bagi yang beragama Hindu, di gereja bagi umat katolik dan kristiani dan di vihara untuk penganut agama budha.

Kegiatan pesantren kilat di Smansa Mataram telah menjadi tradisi yang diprogramkan sekolah yang sudah berjalan cukup lama. Pada tahun 2018 kami tidak melaksanakan kegiatan tersebut berhubung hampir seluruh ruangan kelas terdampak gempa yang cukup parah.

Dalam rangkaian kegiatan pesantren kilat, SMC (Smansa Moslem Camp) mengadakan kegiatan kunjungan sosial ke panti jompo “Balai Sosial Lanjut Usia Mandalika” dan SLB Pembina Majeluk Mataram, mereka diterima langsung oleh kepala panti BSLU Mandalika ibu Hj Darwati, S.Ag dan kepala SLB Majeluk Bapak H. Winarna, M.Pd. “Semoga kunjungan ini bisa meningkatkan kepedulian dan rasa syukur siswa terhadap anugrah yang telah diberikan oleh yang Maha Kuasa” ungkap kepala sekolah SLB ketika menyambut Siswa SMC. Diharapkan kegiatan sanlat ini bisa meningkatkan pemahaman, penghayatan serta pengamalan siswa tentang agama masing masing serta bisa menerapkan dalam kehidupan sehari haridalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh dan mampu menghadapi tantangan tantangan negative, baik yang dating dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *